S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Jumat, 12 Agustus 2011

Perbedaan Dan Cara Menggabungkan PTK Dengan Lesson Study

Oleh:
Adi Saputra, S.Pd, M.Pd


Tulisan ini  bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru atau tenaga kependidikan di dalam membedakan antara PTK dengan Lesson Study serta bagaimana cara menggabungkan keduanya di dalam suatu kegiatan. Karena selama ini para guru sering bingung di dalam membedakan PTK dengan Lesson Study yang mempunyai kemiripan di dalam beberapa langkah. Guru dalam hal ini dapat juga melakukan kegiatan sesuai dengan pepatah “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlampaui”. Namun tulisan ini hanya menjelaskan secara ringkas tentang PTK dan Lesson Study dan mungkin bisa diperjelas dengan mempelajarinya dari bahan lain yang lebih lengkap. Selanjutnya tulisan ini dimulai dari PTK, Lesson Study, dan cara menggabungnya dalam suatu kegiatan.
Penelitian Tindakan Kelas
Classroom action research (CAR) adalah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Ada beberapa jenis action research, dua di antaranya adalah individual action research dan collaborative action research (CAR). Jadi CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama. Baca selebihnya