S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Sabtu, 17 Maret 2012

Cara Jitu Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak
Nah, ini adalah tema yang sering ditunggu-tunggu oleh orangtua dan juga sering banyak dikeluhkan orangtua. “Kenapa anak saya ngga senang belajar, maen aja seharian”, keluh seorang Ibu yang hadir diseminar saya. Para pembaca, percayakah Anda bahwa kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar? Tapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar) bahkan dulu kita pun mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan. Read More

Siapakah Guru Pendidikan Karakter?

Siapakah Guru Pendidikan Karakter?“Anda tidak bisa mengajarkan apa yang Anda mau, Anda tidak bisa mengajarkan apa yang Anda tahu. Anda hanya bisa mengajarkan siapa Anda” – Soekarno

Sebelum saya lebih jauh mengkaji tentang topic yang akan dibahas kali ini, maka saya akan berbagi tentang belajar. Ya, proses belajar bagaimana otak menyerap informasi. Inilah yang seringkali diabaikan, kita sebagai orangtua atau guru maunya seringkali “memaksa” anak mengerti tentang sesuatu hal dan “jalankan” seperti computer, kasi perintah dan tekan “ENTER”. Nah, kalo di manusia bukan ENTER tapi “ENTAR” upsss… Read More

Pentingnya Memahami Kebutuhan Emosional Anak

Pentingnya Memahami Kebutuhan Emosional AnakPada bagian sebelumnya kita telah mempelajari bahwa anak dan remaja lebih dikendalikan oleh emosi-emosi mereka daripada pemikiran rasional dan logis. Emosi ini menjelaskan mengapa anak dan remaja berperilaku demikian, termasuk perilaku yang merusak diri sendiri. Jadi jika kita ingin memotivasi mereka, sebaiknya kita pahami lebih dulu emosi yang mengendalikan mereka dan memanfaatkannya untuk mengarahkan perilaku dan pemikiran yang lebih memperdayakan.

Berikut adalah ketiga kebutuhan emosional anak. Read More

Digital Native dan Sekolah Hari Ini

Digital native sebuah istilah sempat dipopulerkan Marc Prensky pada awal tahun 2001, sebuah bagi generasi yang lahir pada era digital, sementara yang lahir pada generasi sebelumnya namun akrab dengan teknologi digital disebut digital immigrant. Menurut Prensky, generasi digital native adalah mereka yang sejak lahir telah dilingkupi oleh berbagai macam peralatan digital seperti komputer, videogame, digital music player, kamera video, telpon seluler serta berbagai macam boneka dan perangkat yang khas era digital. Mereka sangat fasih dengan bahasa teknologi digital dan Internet. Bagi anak digital native, penggunaan Internet entah melalui PC, laptop atau telpon seluler bukan lagi menjadi hal yang mewah atau singkatnya generasi ini sangat akrab dengan Internet. Read More

Melek Keterampilan Digital Abad 21

Tadi siang, Selasa 6 Maret 2012, penulis bertemu dengan guru-guru SMAN 2 Cibinong, dalam workshop pengembangan model pembelajaran yang efektif yang ditunjang dengan keterampilan digital. Menurut pengarah kegiatan  dari Tim Pengembang Sekolah, kegiatan diarahkan untuk mendapatkan format baru  peningkatan  mutu pembelajaran berbasis TIK.
Pada awal kegiatan saya menyatakan bahwa fokus perhatian sekolah adalah meningkatkan kesiapan siswa untuk lulus UN. Pada sebagian sekolah dapat digambarkan bahwa pemandangannya berkacamata kuda, hanya melihat kepentingan memperoleh UN di atas standar nasional. Pandangan lain disisihkan.
Dalam kondisi ini  tak ada argumentasi yang  dapat membuka pandangan lain, membuka ruang pemikiran baru selain memilih cara melatih siswa mengerjakan soal sehingga seolah usaha besar pengelolaan sekolah hanya untuk kepentingan jangka pendek yaitu mengembangkan keterampilan memecahkan soal. Read More

Sekolah Efektif

Efektivitas dapat diukur dengan indikator peningkatan produktivitas sekolah seperti tingkat kehadiran guru dan siswa, kerja sama tim, dan tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan (1994: 7).  Menurut Abin Syamsudin, sekolah efektif  adalah satuan pendidikan yang menunjukan suatu ukuran tingkat kesesuaian antara hasil  yang dicapai (achievements, observed outputs) dengan hasil yang ditetapkan terlebih dahulu (1999:19).
Sekolah efektif merupakan perpaduan dari (1)  karakter kepemimpinan pembelajaran yang kuat, (2)   terpusat jelas pada hasil belajar, (3) memiliki harapan yang tinggi, (4) memiliki lingkungan aman dan kondusif, dan (5) terpantaunya hasil pencapaian belajar secara berkelanjutan  pada suatu sekolah (Turney, at all.1992: 5), Read More