S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Jumat, 12 Agustus 2011

Pengajaran Remidial

Oleh:
Adi Saputra, S.Pd, M.Pd



1.     Pengertian Pengajaran Remedial
Dalam proses  pembelajaran  akan  selalu  ada  siswa-siswa  yang memerlukan bantuan baik dalam mencerna materi pelajaran maupun dalam mengatasi   kesulitan-kesulitan  belajar  yang  dialaminya,  sering  ditemui seseorang atau kelompok siswa yang tidak mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Hasil belajar seorang siswa kadang-kadang di bawah rata-rata bila dibandingkan dengan hasil belajar teman-teman  sekelasnya, siswa- siswa seperti inilah yang perlu memperoleh pengajaran remedial.
Menurut Suhito  (1986:460)  menerangkan  bahwa  kata  remedial berarti   menyembuhkan,   membetulkan,   atau   membuat   menjadi   baik. Dengan  demikian  pengajaran  remedial  adalah  suatu  bentuk  pengajaran yang  bersifat  menyembuhkan  atau  membetulkan,  atau  pengajaran  yang membuat menjadi baik. Pengajaran  remedial  merupakan bentuk khusus pengajaran yang bermaksud menyembuhkan atau memperbaiki kesulitan belajar siswa yang diarahkan kepada pencapaian hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan siswa.
Aspek-aspek yang diperbaiki dalam pengajaran remedial adalah sebagai berikut.
a)  Cara-cara belajar siswa
b)   Cara mengajar
c)  Materi pelajaran
d)  Alat  belajar  dan  lingkungan  yang  turut  serta  mempengaruhi  proses belajar-mengajar. Baca selengkapnya