S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Jumat, 10 Februari 2012

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Manusia

Berikut adalah fakta-fakta yang telah ditimbulkan akibat dari perubahan iklim. Fakta ini diambil dari Climate Change Kit yang merupakan bagian dari Pidato Maha Guru Ching Hai pada saat Konferensi Perubahaan Iklim COP16 di Cancun Meksiko, 18 Dasember 2010. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengunjungi situs SupremeMaster TV atau mendownload langsung melalui situs yang sama. Perubahan iklim dan pemanasan global adalah suatu fenomena yang mau tidak mau harus kita hadapi. Tapi belum terlambat untuk menyelamatkan bumi kita. Lakukan hal sederhana mulai dari hemat energi dan minimalisasi pemakaian kendaraan serta menjaga lingkungan dari sampah; minimalisasi konsumsi daging juga merupakan saran yang baik walaupun sulit untuk dilakukan, dekatkan diri Anda dengan tahu dan tempe, karena dua makanan ini bisa membantu mengurangi emisi karbon yang jumlah sudah melebihi ambang batas. Dunia menghasilkan emisi CO2 lebih dari 30 milyar ton tiap tahunnya, ini belum termasuk emisi non CO2 seperti gas metana, SO2, NO, termasuk juga freon. Read More

Asidifikasi Samudera : Ancaman Bagi Organisme Laut

Jejaring Kimia - Pemanasan global atau biasa disebut global warming merupakan suatu fenomena yang terjadi sejak ditemukannya mesin uap oleh James Watt sehingga menyulut sebuah revolusi besar di Inggris, yaitu Revolusi Industri.

Secara singkat pemanasan global dapat diartikan sebagai fenomena meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat gas rumah kaca yang terus terakumulasi di atmosfer.

Kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah karbon dioksida(CO2), metana (CH4) yang dihasilkan agrikultur dan peternakan (terutama dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC). Rusaknya hutan-hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan CO2 juga makin memperparah keadaan ini karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 yang tersimpan di dalam jaringannya ke atmosfer. Read More

Pembelajaran dengan Metode Team Teaching dapat Menggairahkan Siswa Belajar Fisika

SISTEM PEMBELAJARAN METODE TEAM TEACHING
(Sesuai dengan makna Firman Allah QS. Almaidah(5) :2)

Oleh:
SUYUTI, S.Pd., M.Si.
(Guru SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng)


I. Pendahuluan

Dewasa ini, seiring dengan semakin modernnya sistem pendidikan dan tuntutan yang semakin berkembang, tak jarang sekolah-sekolah yang masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional cukup tertinggal jauh dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Dalam proses pembelajaran dengan strategi konvensional ini, proses pembelajaran dilakukan secara soliter, artinya proses pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai kepada evaluasi pembelajaran siswa dilakukan oleh satu orang guru. Gambaran pembelajaran seperti ini dapat dianalogikan bagaikan seorang penjual sate, di mana semua urusan suatu pekerjaan dari awal sampai akhir hanya di kerjakan oleh satu orang. Read More

Cara Cepat Menyelesaikan SPLDV

Cara Cepat Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Peubah
(oleh : Jhon Abdi,S.Pd. Guru SMAN 1 Lhokseumawe Aceh


Ambil persamaan dua peubah berikut:
ax + by = p ---------(1)
cx + dy = q ---------(2) 
Nilai x dapat ditentukan dengan x = ( bq - pd)/(bc - ad), untuk nilai y subtitusikan nilai x kepersaan (1) atau (2)
contoh :
Diketahui Sistem Persamaan Linier Dua Peubah berikut:
2x + 3y = 8 ---------(1)
3x + 2y = 7 ---------(2), tentukan nilai x dan y. Read More

Cara Cepat Menemukan Tripel Pythagoras (dengan satu variabel)

Menemukan Tripel Pythagogas Dengan Cepat
(oleh : Jhon Abdi,S.Pd. Guru SMAN 1 Lhokseumawe)

Pada kesempatan ini penulis akan   menunjukkan suatu rumus cara menemukan tigaan Pythagoras dengan menggunakan rumus yang hanya melibatkan satu peubah. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa untuk menemukan tigaan – tigaan Pythagoras baru dengan mudah dan cepat.
Rumus tigaan Pythagoras dengan satu peubah ini penulis temukan pada tahun 2001 saat mengajar di SMP Swasta Al – Alaq Yayasan Pendidikan Asean Aceh  sebagai usaha untuk membantu siswa menemukan tigaan Pythagoras hanya dengan menggunakan  satu peubah.
            Hal ini terpikirkan saat penulis mengajar sebagai guru honorer pada SMAN 1 Banda Aceh pada tahun 1997.  Read More