Setelah lima tahun pengembangan sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional berlalu yang telah mengubah orientasi pengembangan pendidikan di Indonesia yang semula berkonsentrasi pada kepentingan nasional, kini arah pengembangan melompat pada kepentingan Indonesia dalam konteks persaingan global. Indikator meningkatnya kesadaran pengelola pendidikan Indonesia yang semakin mengglobal adalah meningkatnya peran siswa Indonesia yang meraih prestasi dalam ajang kompetisi sains tingkat internasional seperti dalam ajang olimpiade.
Boleh jadi fonemana itu dipandang sebagai serpihan kemajuan yang tidak mewakili kemajuan pendidikan secara umum karena yang terlibat dalam persaingan itu tidaklah banyak. Namun yang perlu diperhatikan lebih dalam adalah kini mucul filosofi gunung es di permukaan laut, yang terlihat di permukaan hanya sebagian kecil, namun bagian di bawah permukaan kini terdapat fenomena tumbuhnya target-target persaingan yang semakin kompetitif antara satuan pendidikan. Selengkapnya