S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Kamis, 22 Juli 2010

IChO 42nd, Jepang Tokyo


Selamat datang Timnas Indonesia di ajang IChO 42nd, Jepang Tokyo
Ditulis oleh Redaksi chem-is-try.org pada 17-07-2010
Ingatan saya kembali 12 tahun lalu, dimana untuk pertama kalinya saya mewakili Indonesia sebagai siswa di ajang olimpiade kimia internasional IChO 30th di Melbourne, Tokyo. Kali ini dalam ajang yang sama, saya datang mewakili Indonesia bukan sebagai siswa melainkan sebagai guide timnas Indonesia.

Tahun ini, empat siswa terbaik telah dipilih dari hasil seleksi yang cukup ketat di OSN Kimia 2009. Keempat siswa tersebut adalah Noel Yohannes Manuputty (SMA Penabur Gading Serpong), Agung Hartoko (SMA Taruna Nusantara), Stephen Haniel Yuwono (SMA 1 Purwokerto), Alimun Nashira (SMA 1 Yogyakarta). Keempat siswa ini akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di IChO 42nd, yang akan dilaksanakan di Jepang, Tokyo dari tanggal 19 sampai 28 Juni 2010.

Akomodasi disediakan dengan penginapan di National Olympics Memorial Youth Center (NYC), Yoyogi, Tokyo. Ujian akan dilaksanakan di di Universitas Waseda untuk ujian praktikum dan Universitas Tokyo untuk ujian teori. Tokyo adalah negara kedua dimana saya telah tinggal lebih dari 10 tahun.. Dan kebetulan sekali salah satu tempat ujian dilaksanakan di Universitas Tokyo, merupakan tempat dimana saya menimba ilmu selama 7 tahun disana.

Di ajang IChO 42th akan dihadiri 68 Negara dengan total 267 siswa, 138 Mentor dan 40 Observer. Hari ini saya datang ke NYC untuk menghadiri orientasi persiapan guide timnas. Kami ditugaskan untuk mempersiapkan bahan-bahan, memastikan jadwal dan memastikan para siswa bisa menikmati keberadaannya di Negara Sakura. Tanggal 19, untuk pertama kalinya saya akan bertemu dengan timnas Indonesia dan bertemu kembali jelang 12 tahun dengan pak Ismu dan pak Riswandi, mentor sewaktu saya dibina di pelatnas. Saya akan bersama-sama dengan timnas Indonesia, mengsupport mereka dan tentu saja meliput aktivitas mereka di ajang IChO. Pembaca bisa mengikuti aktivitas mereka melalui artikel ataupun melalui Facebook fans chem-is-try.org.

Selamat berjuang bagi anak bangsa! Berikan yang terbaik dan harumkan nama Indonesia!