S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Selasa, 09 November 2010

Pangkas Emisi Karbon dengan CDP



Kota masa depan yang mendukung kualitas kehidupan lebih baik, pun mengurangi dampak lingkungan menjadi idaman bagi banyak orang.

Inilah yang sedang digiatkan Autodesk dengan menjadi sponsor utama Carbon Disclosure Project (CDP) Cities. Tak hanya Autodesk yang menjadi sponsor kali ini, namun juga Sun Life Financial ikut mendukung program anyar ini.

Lalu apa peran Autodesk?

Dalam hal ini, Autodesk akan mendampingi dalam pengembangan platform pelaporan yang terstandarisasi bagi informasi yang terkait perubahan iklim.

Nah, peranti lunak Autodesk ini nantinya akan membantu pemerintah kota dalam memahami lebih baik tentang aset yang sudah mereka miliki. Selain itu juga akan membuat perencana mampu mengembangkan strategi untuk meningkatkan lingkungan urban.

Jadi, CDP ini nantinya akan menyediakan sebuah sistem bagi kota-kota di dunia untuk melaporkan emisi gas rumah kaca mereka dan strategi yang terkait dengan iklim. CDP akan menyediakan platform pelaporan yang bisa digunakan oleh para anggota untuk memantau perkembangan mereka dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan berbagi data penting satu sama lain di seluruh dunia. CDP dalam hal ini juga bekerja sama dengan C40 dan Clinton Climate Initiative (CCI).

Kemitraan C40 dengan CDP ini akan memastikan bahwa semua kota yang menjadi anggota mempunyai platform yang dapat diandalkan untuk melaporkan emisi. Sebelumnya, pada tahun 2008, sudah ada 18 kota percontohan di Amerika Serikat yang sukses menggunakan proses keterbukaan CDP.

“CDP telah lama menjadi sebuah sistem penting dimana bisnis yang ada dapat mengevaluasi kemampuan mereka dalam menghadapi perubahan iklim,” ujar Paul Dickinson (Executive Chairman CDP).

“Dengan kota-kota pada garis terdepan dari respon global kita terhadap perubahan iklim, sangat penting bahwa mereka mempunyai akses ke proses sama yang terbukti dapat membantu mengurangi karbon, meningkatkan efisiensi operasional, menarik investasi dan meningkatkan inovasi teknologi ramah lingkungan,” imbuh Dickinson.