S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Sabtu, 14 Agustus 2010

Serba Serbi Puasa Menurut Arazi


Puasa baru tiga hari, tapi kok rasanya lama sekali ya? Sebetulnya sih asyik juga ya ternyata berpuasa. Apalagi dua hari kemarin aku berhasil lho puasa sampai magrib. Ibu sampai bilang, ‘Wah anakku sudah besar ya. Sudah bisa puasa penuh. Coba terus ya nak!’ Aku jadi semangat kepingin terus puasa penuh seperti kemarin-kemarin.

Tapi kemarin aku dibilangin lho sama mbak Siti. Abis aku kan lapar, jadi bawaannya aku kepingin ngomel aja. Eh mbak Siti bilang, ‘Arazi kan lagi puasa. Puasa itu nggak cuma nahan makan dan minum saja lho. Tapi juga nggak boleh ngomel-ngomel, nggak boleh nangis, nggak boleh marah-marah. Semua keinginan yang jelek-jelek seperti itu juga harus ditahan.’

Duh, ternyata puasa itu nggak gampang ya…! Semua yang jelek-jelek harus ditahan. Ibu juga bilang bahwa waktu puasa kita juga nggak boleh ngomongin orang, nggak boleh nakalin adik, nggak boleh jahat sama teman. Banyak sekali ya nggak bolehnya. Susah banget untu anak kecil seperti aku ingat apa yang boleh dan nggak boleh.

Mmm, tapi kalau nggak boleh ngomongin orang kok mbak Siti kemarin ngomongin tukang gado-gado sama mbak Sinah ya? Aku nggak tahu ngomongin apa, aku nggak dengar semua. Tapi ngomongnya kok sampai mulutnya dimonyong-monyongin gitu, itu kan pasti ngomongin jelek. Terus kalau nggak boleh ngomongin orang, ibu juga sering nonton sinetron. Di sinetron itu ada orang yang suka jelek-jelekin temannya. Kalau nonton orang jelek-jelekin orang lain boleh enggak ya?

Yang juga susah buat aku tuh aku nggak boleh gangguin dik Nesya. Duh aku gemes banget deh sama si buntelan ompol itu. Apalagi kalau dia sok makan yang enak-enak di depan aku. Makannya dilama-lamain, sepertinya enak banget cara dia nggigit ayam kremes kemarin…huuu! Rasanya kepingin narik rambutnya yang kriting itu deh. Tapi belum aku apa-apain dia pasti udah ngadu deh sama mbak Siti. Belum apa-apa aku pasti udah dipelototin sama mbak Siti.

Ih mbak Siti gimana sih. Puasa-puasa kok marah-marah sama aku juga. Tapi ternyata mbak Siti nggak marah. Dia cuma bilang kalau aku harus sabar sama adik yang nakal selama puasa. Puasa itu ternyata juga harus sabar menghadapi hal-hal yang nyebelin kayak gitu. Kita juga harus sabar menunggu waktu berbuka puasa. Wah mbak Siti sekarang sebentar-sebentar bilang, ‘Eit, Arazi harus sabar ya. Ini puasa!’ sambil jari telunjuknya dinaikin ke atas.

Ya, walaupun aku suka sebel sama mbak Siti. Apalagi kalau diam-diam dia dengerin lagu dangdut pakai radio ayah. Tapi sebetulnya mbak Siti baik juga kok. Dia yang jagain aku dan dik Nesya kalau ayah kerja dan ibu lagi pergi keluar seperti hari ini. Mbak Siti juga suka ingatkan aku untuk shalat. Aku suka lupa shalat ashar, soalnya kalau puasa begini rasanya jadi ngantuk banget waktu ashar. Untungnya sekolahku masih libur seminggu di awal puasa, jadi aku bisa tidur sepuas-puasnya.

Senangnya pas puasa begini ayah dan ibu pulang selalu cepat. Sebelum buka mereka berdua pasti sudah ada di rumah. Ayah atau ibu selalu bawa makanan berbuka yang enak-enak dan meminta aku untuk memilih duluan sebelum dipilih sama dik Nesya. Soalnya aku sudah bisa berpuasa penuh, jadi aku boleh pilih makanan duluan. Asyik, aku bisa lihat mukanya dik Nesya kayaknya sebel banget sama aku. Setelah berbuka biasanya ayah memimpin shalat magrib bersama-sama.

Hmm, seru juga ya kalau lagi puasa begini. Kita jadi ngumpul terus sekeluarga. Puasa emang susah sih, tapi aku jadi senang kalau lagi puasa begini. Ayah dan ibu jadi nggak sering pergi-pergi. Ibu juga jadi sering bacain cerita nabi-nabi untuk aku dan dik Nesya. Kita juga jadi sering shalat tarawih sama-sama di masjid kompleks. Aku jadi suka deh sekarang sama puasa.

Boks:

Hal-hal yang dapat diperkenalkan atau dicontohkan pada anak selama puasa, antara lain:

* Belajar sabar, minimal menunggu waktu bedug berbuka puasa dibunyikan. Mintalah mereka membaca doa terlebih dahulu sebelum menyerbu hidangan.
* Menjaga perilaku agar tidak marah-marah atau menjahili teman dan saudaranya.
* Belajar disiplin, minimal menjaga keinginan untuk makan atau minum sebelum waktu berbuka.
* Belajar mengendalikan emosi, tidak mudah merasa kesal atau rewel jika sedang berpuasa.
* Berempati pada orang yang hidupnya berkesusahan.
* Meningkatkan pengetahuan akan Islam, misalnya dengan sering membacakan dongeng-dongeng mengenai nabi, mengajaknya shalat tarawih berjamaah dan sebagainya.