Menelaah perangkat administrasi yang pengawas perlukan sebagai bukti fisik pelaksanaan tugas, sungguh mencengangkan. Perangkat yang dipersyaratkan sungguh terlalu banyak sehingga dapat menjebak pekerjaan pengawas pada penyelesaian penyelesaian administrasi. Beban administrasi masih perlu diperhitungkan banyaknya agar dapat menunjang pengawas dapat berkerja efektif. Penilaian tidak hanya mengejar keterpenuhan adminsitrasi, namun harus menukik pada apa yang sesungguhnya pengawas lakukan di lapangan dan apa manfaat yang dinikmati sekolah sebagai hasil dari pengawasan
Menyikapi itu, sepertinya tidak mungkin seluruh perangkat administrasi dapat diselesaikan oleh pengawas sendiri-sendiri. Dalam era penilaian kinerja pengawas kerja sama yang terarah sangat diperlukan. Oleh karena, fungsi koordinasi yang mengarah pada pencapaian targer menjadi salah satu penentu keberhasilan. Selengkapnya