RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit)
SEKOLAH | : | SMA |
MAPEL | : | Kimia |
KELAS /SMT | : | X / 2 |
WAKTU | : | 6 x 45 menit (3 x pertemuan) |
A. Standar Kompetensi :
3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pertemuan 1
Ø Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melalui percobaan
- Pertemuan 2
Ø Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
Ø Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
Ø Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar
3. Pertemuan 3
Ø Menentukan harga α (derajat Ionisasi) pada larutan elektrolit
Ø Menjelaskan Aplikasi larutan elektrolit dan non elektrolit dalam kehidupan sehari -hari, Selengkapnya