S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Jumat, 06 Agustus 2010

Facebook Hancurkan Prestasi Belajar, Sebabkan Malas dan Bodoh


Pengguna Facebook yang masih sekolah berhati-hatilah! Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering kamu menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu kamu belajar dan semakin buruklah nilai-nilai mata pelajaran kamu. Begitu tertulis dalam laporan studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University tersebut. Namun penulis laporan mengatakan, laporannya hanya memperlihatkan kemungkinan hubungan antara penggunaan Facebook dan menurunnya nilai-nilai yang kamu peroleh di sekolah.

Faktanya, jika kamu pengguna Facebook, kemungkinan besar kamu selalu ingin mengetahui status yang dikabarkan oleh teman-teman kamu. Kenikmatan semangkuk baso, asyiknya irama jazz, foto-foto pesta teman-teman dekat kamu, dan pertanyaan-pertanyaan yang berharap mendapatkan komentar karena kamu ingin memastikan seseorang di jaringan pertemanan kamu sedang membaca tulisan kamu memang sangat menggoda hati dan juga menyita waktu kamu. Akhirnya, kamu mungkin terpicu untuk menulis hal-hal tak penting, membaca hal-hal sepele, dan juga berpikir secara tak cerdas.

Untunglah bukan itu yang dilaporkan oleh peneliti Ohio State University. Namun disebutkan bahwa 65 persen mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut. Yang menarik, 79 persen dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian.‘’Ini ibarat perbedaan antara dapat nilai A dan B,’’ kata Aryn Karpinski, peneliti Ohio State yang menanyai 219 mahasiswa untuk penelitiannya.