Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif merupakan kompetensi siswa yang
harus guru kembangkan. Jika pada halaman sebelumnya telah saya sajikan
tentang berpikir
logis dan kritis, maka pembahasan berlanjut pada
pengembangan berpikir kreatif.
Tudor Rickards dalam buku Creativity and the managment of change
(hal.22) menyatakan bahwa sesuatu yang baru yang berhubungan dengan
proses menghasilkan ide yang bernilai. Baru itu bisa menurut penilaian
orang yang menghasilkan pemikiran baru atau menurut penilaian
sekelompok orang dalam masyarkat luas.
Selanjutnya Tudor menyatakan pula bahwa berpikir kreatif dan
pemecahan masalah secara kreatif berbeda dengan berpikir rasional dan
pemecahan masalah. Pemikiran tersebut beralasan karena dalam tindakan
kreatif ditandai dengan adanya ide, proses berpikir, atau produk baru
yang bernilai. Read More