MPMBS diartikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah, memberikan fleksibelitas/keluwesan-keluwesan kepada sekolah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orangtua, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha, dsb.)” (Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama, MPMBS, Buku 1: Konsep Dasar, hal 3)
Baca selengkapnya dan silahkan Download materi disini
Sabtu, 04 Desember 2010
Glosarium Pendidikan
Efektif. Berkaitan dengan sikap, perasaan, dan nilai. Anggaran Pendidikan. Alokasi anggaran untuk mengimplementasikan fungsi pendidikan yang dianggarkan dalam APBN melalui anggaran kementerian, yang ditransfer ke daerah, termasuk untuk alokasi gaji pendidik, namun tidak termasuk anggaran pendidikan kedinasan, untuk membiayai penyelenggaraan pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Alokasi Anggara, Selengkapnya baca dan Download materi disini
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Ttg DP dan KS
Bahwa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi penyelenggaraan pendidikan, dan tercapainya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peranserta masyarakat yang lebih optimal, selengkapny baca dan Download materi disini
Manual Pembangunan Gedung Sekolah
Kita melihat masih banyak terdapat daerah-daerah dimana gedung sekolah untuk sarana belajar mengajar yang ada kurang jumlahnya untuk menampung banyaknya jumlah siswa pada daerah tersebut, maka diperlukan pembangunan unit-unit sekolah baru. Untuk itu diperlukan suatu panduan cara-cara membang un un it sekol ah baru yang baik dan benar.
Baca selengkapnya dan silahkan Download materi disini
Manual Pemeliharaan Gedung Sekolah
Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun terdiri atas 6 tahun di tingkat Sekolah Dasar dan tiga tahun di tingkat Sekolah Lanjut Tingkat Pertama memerlukan wadah pendidikan yang baik untuk meningkatkan kesempat an bel aj ar bagi masyarakat Indonesi a.
Selengkapnya silahkan baca dan Download materi disini
Manual Rehabilitasi Gedung Sekolah
Pemerintah melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Dasar memiliki program yang bertumpu pada
masyarakat berupa Pembangunan Unit Sekolah Baru SLTP-MTs (dengan tujuan meningkatkan
akses kesempatan belajar siswa SLTP-MTs melalui pembangunan gedung sekolah baru) dan
Rehabilitasi Gedung SD-MI (dengan tujuan meningkatkan mutu melalui perbaikan sarana belajar
mengajar bagi guru dan siswa-siswi). Diharapkan dengan adanya partisipasi yang aktif, masyarakat
dapat belajar untuk mandiri sekaligus menanamkan rasa memiliki terhadap gedung sekolah
di daerahnya sendiri, Baca selengkapnya dan silahkan Download materi disini
Modul 1 - Penguatan Kelembagaan Komite Sekolah
Artikel ini membahas tentang bagaimana menguatkan kelembagaan komite sekolah, selengkapnya baca dan Download materi disini
Modul 2 - Peningkatan Kemampuan Organisasional Komite Sekolah
Artikel ini membahas bagaimana meningkatkan kemampuan organisasi komite sekolah, selengkapnya baca dan Download materi disini
Modul 3 - Peningkatan Wawasan Kependidikan Pengurus Komite Sekolah
Artikel ini menjelaskan Bagaimana meningkatkan wawasan kependidikan pengurus komite sekolah, selengkapnya silahkan Download disini
Panduan Penyelenggaraan Upacara Bendera
Panduan Penyelenggaraan Upacara Bendera Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2010, selengkapnya silahkan Download disini
Sambutan Menteri Pendidikan Nasional
Sambutan Menteri Pendidikan Nasional Pada peringatan hari Pendidikan Nasional tahun 2010 Minggu 2 Mei 2010, Selengkapnya silahkan Download disini
UU RI No 20 Thn 2003 Ttg Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, selengkapnya silahkan Download disini
Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing
Pendidikan tidak dapat dinafikan menjadi sebuah kekuatan bangsa khususnya dalam proses pembangunan nasional. Sesuai taraf keragaman yang begitu tinggi, Indonesia memiliki karakter yang kaya dengan perbedaan, sekaligus memiliki toleransi yang tinggi, dalam menciptakan semangat persatuan yang kokoh. Melalui pembangunan pendidikan nasional, telah tumbuh semangat persatuan yang menjiwai keanekaragaman kepentingan budaya, sosial bahkan politik. Pembangunan pendidikan yang memahami keragaman ini dapat menjadi sumber kekuatan untuk melebur perbedaan-perbedaan di dalam mewujudkan rasa kebangsaan yang kokoh.Selengkapnya ..
Urgensi Pendidikan Karakter
Prof . Suyanto Ph.D
Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Selengkapnya
Langganan:
Postingan (Atom)