S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Senin, 16 Januari 2012

Meningkatkan Kesiapan Pelaksanaan Program Penilaian Kinerja Guru

Kemaslahatan utama penilaian kinerja guru harus berdampak terhadap  meningkatnya mutu lulusan satuan pendidikan. Peningkatan mutu lulusan dapat diwujudkan dengan meningkatkan pememuhan standar isi, proses, penilaian atau pembelajaran. Oleh karena itu, indikator dan target mutu lulusan ideal yang sekolah wujudkan menjadi instrumen pengukuran  efektivitas kinerja.
Pelaksanakan PKG secara ideal memiliki dua fungsi  utama. Pertama, menilai kemampuan guru dan menghitung angka kredit yang diperoleh guru dalam melaksanakan pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan. Keberhasilan melaksanakan fungsi ini adalah meningkatnya mutu hasil belajar siswa.
Hasil penilaian menjadi bahan untuk merencanakan Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) agar mutu lulusan sesuai dengan mutu sumber daya manusia yang bahasa Indonesia harapkan sehingga  adaptif terhadap perkembangan global. Selengkapnya

Model Karya Ilmiah Siswa

Salah satu hambatan mengembangkan keterampilan menulis karya ilmiah adalah budaya membaca_menulis yang rendah. Taufik Ismail merefleksikan budaya ini dengan istilah rabun membaca lumpuh menulis. Hambatan lain yang sering guru hadapi adalah keterbatasan contoh karya ilmiah yang telah teruji dalam kompetisi yang dapat guru dan siswa gunakan. Dengan demikian kita guru dapat memastikan bahwa contoh yang digunakan bermutu. Selengkapnya

Strategi Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa

Guru yang handal adalah guru yang mampu melaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode variatif dapat membangkitkan suasana tidak monoton. Motivasi siswa belajar dibangkitkan cara-cara yang berbeda. Pembelajaran lebih menyenangkan,   aktif, inovatif, inspiratif, kreatif, imajinatif, dan rasional (pemaiinkidal).
Dalam tulisan ini GP menyajikan model pelaksanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan empat metode mengajar. Dalam skenario ini mengintegrasikan pengajaran tradisional dan metode pengajaran masa kini  dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Selengkapnya

Pelatihan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas

Label : PTK 
 
Dari beberapa proses mengikuti, melatih, atau menjadi pemerhati kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas yang diikuti para guru dalam beberapa tahun terakhir saya mendapat pengalaman bahwa hanya sebagian kecil guru yang berhasil mewujudkan harapannya dapat melaksanakan PTK dan menyusun laporannya.
Dari pengalaman melatih peserta untuk meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa  para  menghadap kesulitan yang bervariasi. Di antaranya, Selengkapnya