S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Senin, 11 April 2011

Integral

Label : Matematika Kls XII
Sumber : matematikapakdi


INTEGRAL merupakan kebalikan dari differensial (anti differensial).
Jika turunan dari F(x) adalah f(x), maka :
ò f(x) dx = F(x) + c Þ (c = konstanta)
Integral dapat digolongkan atas :

A. Integral tak tentu  (Tanpa batas)
B. Integral tertentu    (Dengan batas), Selengkapnya

Barisan Dan Deret Geometri (Ukur)

Label : Matematika SMA Kelas XII
 
BARISAN GEOMETRI 

Barisan yang suku-sukunya diperoleh dengan mengalikan suatu bilangan tetap ke suku sebelumnya. Bilangan tetap itu disebut rasio (pembanding) dilambangkan dengan r. Jika suku pertama (U1) dinotasikan a dan rasio dinyatakan dengan r, maka suku-suku barisan geometri dapat dituliskan sebagai berikut: a, ar, ar2, ……, arn-1.
Sehingga suku ke-n suatu barisan geometri dirumuskan : Un= arn-1 
Sedangkan jika Un dibagi dengan Un-1 didapat r,
sehingga  diperoleh rumus untuk r , Selengkapnya

Barisan Dan Deret Aritmatika

Label : Matematika SMA Kls XII
Pengertian Barisan Bilangan dan Deret.

Barisan bilangan adalah himpunan bilangan yang diurutkan menurut suatu aturan/pola tertentu yang dihubungkan dengan tanda “,”. Jika pada barisan tanda “,” diganti dengan tanda “+”, maka disebut deret..  Masing-masing bilangan itu disebut suku-suku barisan, setiap suku diberi nama sesuai dengan nomor urutnya.
Secara umum barisan bilangan dapat ditulis:
U1, U2, U3, ……………, Un.  dengan Un sering disebut f(n) yang menyatakan suku ke-n,.
Sedangkan untuk deret bilangan dapat di tulis :
U1 + U+ U+ ……+ UnSelengkapnya

Try out UN Kimia Dengan Powerpoint

Ujian Nasional 2010/2011 sebentar lagi akan dilaksanakan. Tentunya sekolah, guru dan siswa menyiapkan strategi agar semua siswa dapat lulus dengan memuaskan. Salah satu strategi yaitu mengadakan Try Out Ujian Nasional guna membiasakan siswa mengerjakan soal-soal yang diprediksikan akan keluar dalam ujian nasional. Selengkapnya

Konsekuensi PAI jika di UN-kan


Ketika UN mulai bergulir dengan formula baru, sedikit membuat rasa lega bagi kita karena guru di lapangan melalui sekolah diberikan kesempatan untuk meluluskan siswa dengan bobot 40%, dan pemerintah melalui BNSP memiliki hak 60%. Meskipun ini belum memenuhi rasa keadilan setidaknya pemerintah sudah melakukan perbaikan dan mengadopsi apa yang menjadi keinginan guru yaitu melibatkan guru dalam meluluskan siswa. Selengkapnya

Strategi & Problematika UN Mapel Matematika


A. Latar Belakang

Pemerintah pada tanggal 31 Desember 2010 telah menerbitkan Permendiknas No.45 tahun 2010 dan Permendiknas No.46 tahun 2010 tentang pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional. Dimana Nilai Akhir (NA) diperoleh dari nilai gabungan antara 60% dari nilai ujian nasional dengan 40% dari ujian sekolah. Dengan integrasi nilai ujian nasional dan nilai sekolah ini diharapkan kelulusan merupakan hasil evaluasi secara komprehensif selama tiga tahun belajar, bukan lagi potret evaluasi sesaat, Selengkapnya

Hypnoteaching, Melejitkan Hasil Pembelajaran



Saat Anda mendengar kata HIPNOSIS, secara otomatis terlintas dipikiran bahwa kata tersebut mengacu pada sebuah teknik menidurkan orang dan mempengaruhi orang tersebut dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini karena alam bawah sadar Anda telah memperoleh informasi sebelumnya dari berbagai media, baik buku, TV, majalah dsb. Selengkapnya

Bagaimana Menjadi Belajar Tidak Terlupakan

By. D. H.M. nurhadi hanuri

Sebagian besar guru berusaha melaksanakan pembelajaran hingga batas akhir masa sekolah, semester, atau menyampaikan seluruh materi dari bidang studi yang diajarkan. Mereka mungkin beranggapan bahwa pada saat-saat akhir mereka dapat menjejalkan lebih banyak informasi dan menyelesaikan topik dan materi yang masih dalam agenda mereka. Selengkapnya

Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving)


Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving)
Sehubungan dengan model-model pembelajaran di atas Felder (1994: 5) menambahkan suatu model pembelajaran kooperatif yaitu TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving). Dalam model ini siswa mengerjakan permasalahan yang mereka jumpai secara berpasangan, dengan satu anggota pasangan berfungsi sebagai pemecah permasalahan dan yang lainnya sebagai pendengar.Selengkapnya