Kamis, 07 Oktober 2010
Panduan Penyusunan Bahan Ajar dan Bahan Uji berbasis TIK
Berdasarkan hasil evaluasi terhadap Bahan ajar dan bahan Uji peserta Workshop Pengembangan Konten Bahan Ajar dan bahan Uji PSB-SMA Tahun 2010, ternyata sebagian belum memenuhi kaidah penyusunan bahan ajar yang benar. Untuk itu agar Bahan Ajar dan Bahan Uji sesuai dengan ketentuan pengelolaan PSB maka harus memenuhi kaidah sebagai berikut :
1. Pada tampilan muka, bahan ajar harus memuat Judul, Identitas mata pelajaran dan Penyusunnya.
2. Pada tampilan berikutnya harus memuat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
3. Memuat Indikator yang mencerminkan tujuan yang hendak dicapai dengan mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar.
4. Memuat materi yang lebih bersifat obyektif, simulatif, disertai video dan audio jika memungkinkan, sehingga bahan ajar yang disusun benar-benar mencerminkan efektifitas dan optimalisasi proses pembelajaran berbasis TIK
5. Didalam bahan ajar terdapat Latihan soal pemecahan masalah
6. Dilengkapi dengan soal Uji Kompetensi mnimal 25 butir soal per bahan ajar dalam bentuk Word/Excel yang sesuai dengan SK-KD dan Indikatornya baik dari sisi substansi maupun ranah/tahapan berfikirnya
7. Referensi/sumber materi bahan ajar harus dicantumkan dengan jelas
Hal tersebut diatas penting diperhatikan agar peserta dalam melakukan perbaikan tidak mengalami kesulitan dan bahan ajar yang dihasilkan benar-benar dapat disiapkan sebagai konten website PSB-SMA
TIM Pengembang PSB-PSMA