S e l a m a t   D a t a n g di Blog Pusat Sumber Belajar SMA Negeri 1 Kota Cirebon Info : Ferifikasi Data Siswa Baru/PPDB SMA RSBI Negeri 1 Kota Cirebon dari tanggal 5 - 15 Mei 2012 silahkan Klik ke www.smansa.ppdbrsbi-cirebon.org

Kamis, 07 Oktober 2010

Mind Mapping dalam Penyusunan Materi Pembelajaran



Materi pembelajaran dapat ditulis sebagai bahan ajar agar mudah diingat. Dalam menulis banyak teknik yang dapat digunakan. Diantaranya :
1. teknik menulis biasa (dalam bentuk narasi)
2. teknik penulisan dengan charta
3. teknik penulisan dengan bagan
4. teknik penulisan dengan peta konsep
5. mind mapping
kelima teknik menulis ini mempunyai tujuan agar si pembaca mengerti isi bacaan yang dibacanya. Dalam artikel ini saya akan membahas teknik penulisan mind mapping.
Mind mapping adalah suatu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka akan memudahkan seseorang mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara .Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima. Keutamaan metode ini adalah :
1. Tema utama terdefinisi secara jelas dikarenakan dinyatakan di tengah
2. Level keutamaan informasi terdefinisi secara lebih baik. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih dekat di letakkan dengan tema utama
3. Hubungan masing - masing informasi secara jelas dapat dikenali
4. Lebih mudah dipahami dan diingat
5. Informasi baru setelahnya dapat digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur mind mapping, sehingga mempermudah proses pengingatan
6.Masing - masing mind mapping sangat unik, sehingga mempermudah proses pengingatan
7. Mempercepat proses pencatatan karena hanya dengan menggunakan kata kunci.
Mind mapping bertujuan membuat materi pelajaran terpola secara visual dan grafis yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari. Berikut ini disajikan perbedaan antara mind mapping dan catatan tradisional.

Tabel 1. Perbedaan catatan biasa dan mind mapping

#yiv1550092969 _filtered #yiv1550092969 { font-family: "Cambria Math"; }_filtered #yiv1550092969 { font-family: Calibri; }#yiv1550092969 #yiv1550092969 p.yiv1550092969MsoNormal, #yiv1550092969 li.yiv1550092969MsoNormal, #yiv1550092969 div.yiv1550092969MsoNormal { margin: 0cm 0cm 10pt; line-height: 115%; font-size: 11pt; font-family: "sans-serif"; }#yiv1550092969 p.yiv1550092969MsoHeader, #yiv1550092969 li.yiv1550092969MsoHeader, #yiv1550092969 div.yiv1550092969MsoHeader { margin: 0cm 0cm 0.0001pt; font-size: 11pt; font-family: "sans-serif"; }#yiv1550092969 span.yiv1550092969HeaderChar { }#yiv1550092969 .yiv1550092969MsoChpDefault { }#yiv1550092969 .yiv1550092969MsoPapDefault { margin-bottom: 10pt; line-height: 115%; }_filtered #yiv1550092969 { margin: 72pt; }#yiv1550092969 div.yiv1550092969Section1 { }

Catatan biasa

Mind mapping

Hanya berupa tulisan saja

Berupa tulisan, symbol dan gambar

Hanya dalam satu warna

Berwarna - warni

Untuk mereview ulang memerlukan waktu yang lama

Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek

Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama

Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif

statis

Membuat individu menjadi lebih kreatif

Contoh mind mapping terlihat dilampiran.

Sumber :
1. Buzan, 2009
2. Mahmudin, 2009
3. Olivia, 2008